TNI AL Tangkap Kapal Angkut 80 Ton Solar Ilegal


Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV unsur sea reader Satkamla Lantamal IV, Senin (3/4/2017) membekuk tugboat (TB) tanpa nama dengan muatan BBM ilegal di perairan Tanjunggundap Barelang Batam.

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI S. Irawan dalam keterangan pers kepada awak media mengatakan, tim WFQR Lantamal IV dari Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal IV menggunakan sea rider pada pukul 04.30 WIB mengamankan salah satu target operasi WFQR Lantamal IV.

“Target operasi yang dimaksud adalah tugboat tanpa nama bermuatan BBM ilegal yang diduga kuat akan diselundupkan ke out of port limit (OPL). Dari pemeriksaan, diketahui pemilik tugboat tanpa nama adalah pengusaha Batam berinisial “L”, kapal berbendera Indonesia dinakhodai “S” dengan ABK 2 orang,” katanya.

Menurut pengakuan nakhoda, tugboat tanpa nama GT 34 bermuatan minyak hitam sebanyak +80 ton, berlayar dari Pulau Alang Tiga Dabo Singkep menuju OPL.

“Kapal berlayar tanpa dilengkapi dokumen kapal maupun dokumen lain yang berkaitan dengan ABK dan manifest muatan kapal juga tidak ada, untuk itu tim mengamankan kapal guna pemeriksaan dan proses hukum lebih lanjut,” ujarnya.

Saat ini tugboat tanpa nama beserta muatan telah sandar di dermaga Yos Sudarso Mako Lantamal IV Tanjungpinang guna menjalani proses hukum lebih lanjut. [sindo]

Baca Juga Artikel Lainnya

0 Response to " TNI AL Tangkap Kapal Angkut 80 Ton Solar Ilegal"

Posting Komentar