Indonesia Diam-diam Beli Pesawat dari Israel


Sejatinya pertahanan dan keamanan selalu menjadi bagian kerja sama antara Indonesia dan Israel. Setidaknya itu pernah ditulis oleh Jim Winchester dalam Douglas A-4 Skyhawk : Attack and Close Support Fighter Bomber (2004). Winchester menulis, Indonesia pernah membeli pesawat buatan Israel, A-4 Skyhawk. Pembelian pesawat tempur itu dilakukan secara rahasia melalui perantara Amerika Serikat.

Pembelian itu menurut Winchester dilakukan ketika kunjungan Wakil Presiden Amerika Walter Mondale dalam lawatannya ke Jakarta pada Mei 1978. Mondale menawarkan Indonesia buat membeli 16 pesawat Skyhawk milik Israel. 

"Empat belas single-seat dan dua two-seat Skyhawk dikirim pada November 1979, tapi pesawat itu adalah A-4Es dan TA-4Hs stok milik Israel," tulis Winchester. 

Pembelian itu dibenarkan oleh salah seorang pengusaha Israel, Emanuel Shahaf. Ia bilang kerja sama dengan Indonesia mengenai pertahanan memang menjadi salah satu bagian hubungan bisnis. “Diawali dari zaman Pak Benny Moerdani,” kata Emanuel kepada Tirto. 

Pembelian pesawat Skyhawk milik Israel itu memang pernah dilakukan Indonesia pada 1978 dan dilakukan dengan operasi intelijen bernama 'Operasi Alpha', dengan melibatkan Badan Intelijen ABRI (BIA). Moerdani lah yang merancang operasi rahasia itu. Benny saat itu menjabat Asisten Intelijen Pertahanan dan Keamanan. Pembelian memang dilakukan secara rahasia mengingat sentimen anti-Israel masih terus berkembang sampai kini bagi negara berpenduduk muslim terbesar di dunia ini.

Buat sampai ke Indonesia, pesawat itu dikirim secara berkala melalui jalur laut. Empat pesawat di antaranya dikirim langsung dari Israel menggunakan kapal. Buat mengelabui pengiriman selama di perjalanan, Skyhawk dibungkus plastik bertuliskan F-5, jenis pesawat tempur buatan Amerika. Sebab, di saat bersamaan, pemerintah juga membeli pesawat jenis F-5 dari Amerika. 

Alasan membeli pesawat Skyhawk buatan Israel secara diam-diam karena sampai kini pun kedua negara tidak punya hubungan diplomatik. Alasan lain, Skyhawk adalah pesawat tempur yang tergolong unggul menurut pertimbangan TNI Angkatan Udara. Salah satu keunggulan itu air refueling, yakni kemampuan mengisi bahan bakar saat mengudara. Selain itu, A-4 Skyhawk bisa meluncurkan rudal anti-radiasi. Skyhawk memang dibidik buat menggantikan F-86 Sabre dan T-33 Thunderbird yang sudah berumur tua.


Sumber: tirto

Baca Juga Artikel Lainnya

0 Response to "Indonesia Diam-diam Beli Pesawat dari Israel"

Posting Komentar